Benarkah Bentuk Perut Saat Hamil Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

Selasa, 19 Desember 2017 - 18:30 WIB
Benarkah Bentuk Perut...
Benarkah Bentuk Perut Saat Hamil Tentukan Jenis Kelamin Bayi?
A A A
JAKARTA - Sejumlah calon ibu percaya, bahwa bentuk perut yang terlihat menurun saat hamil, maka bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan jika bentuk perut terlihat naik, maka bayi yang dikandung adalah wanita.

Namun, anggapan ini tidaklah benar. Dr. Neema Sharma, Direktur Obstetri dan Ginekologi di Rajan Dhall Hospital menjelaskan, tidak ada kaitannya bentuk perut masa kehamilan dengan jenis kelamin bayi yang dikandung. Perkembangan bentuk perut saat hamil tergantung pada struktur tubuh, posisi bayi dalam kandungan dan trimester kehamilan.

Mitos lainnya yang juga dipercaya masyarakat terutama ibu hamil adalah, semakin besar ukuran perut maka bayi dalam kandungan sehat. Terkait hal ini, Neema mengatakan, bahwa perut besar disebabkan air ketuban yang banyak.

Sementara untuk proses melahirkan, perut yang relatif kecil dipercaya lebih mudah dan relatif tidak terasa sakit. Faktanya, kelancaran persalinan dipengaruhi beberapa hal salah satunya ukuran bayi. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan ukuran perut.

"Perut yang lebih besar bisa berdampak pada wanita hamil yang pendek dan obesitas. Jika ibu hamil pendek atau kelebihan berat badan dan perutnya lebih besar, panggulnya yang lebih kecil mungkin akan mengalami komplikasi selama proses melahirkan," kata Neema.

Beruntungnya, wanita hamil dengan tinggi dan indeks massa tubuh yang normal. Pasalnya, tidak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan selama proses persalinan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)